Inilah Tips Membeli Komputer dengan Baik dan Benar

Inilah Tips Membeli Komputer dengan Baik dan Benar
iklan disini
iklan post 1
Seputartips.com - Salah satu hal yang paling disesali orang adalah membeli komputer yang salah. Ketika Anda membeli komputer mungkin Anda terpesona oleh kecanggihan komputer yang ditawarkan si penjual. Namun di kemudian hari, Anda menyesal karena fitur-fitur canggih tersebut tidak pernah berguna. Ditambah lagi, ternyata fitur-fitur yang Anda butuhkan malah tidak ada. Untuk menghindari penyesalan tersebut, penting untuk mengetahui komputer yang tepat untuk Anda. Kali saya akan bahas tentang bagaimana cara membeli komputer dengan baik dan benar.

Note: Tips-tips berikut ini adalah tips-tips umum. Tidak membahas hal-hal yang sangat teknis seperti merek-merek tertentu dan spesifikasinya. Andalah yang menentukan spesifikasinya. Saya hanya memberikan langkah-langkah yang harus Anda ambil untuk membeli komputer.

1. Tentukan Dana Anda

Tentukan dulu berapa dana yang hendak Anda sediakan untuk membeli komputer. Saat Anda sampai ke toko komputer, tetaplah berpegang pada jumlah dana Anda. Jangan tergoda untuk membeli komputer yang lebih mahal, kecuali sudah Anda pikirkan baik-baik.

2. Tentukan Spesifikasi Komputer

Tentukan spesifikasi komputer yang Anda butuhkan. Bukan yang Anda inginkan. Lakukan pencarian di internet. Yang harus Anda perhatikan adalah: prosesor, RAM (Random Access Memory), hard drive, dan video card.
Berikut adalah tips memilih komponen tersebut:

a. Prosesor:

  • Semakin tinggi frekuensi prosesor, maka semakin baik kemampuannya.
  • Semakin banyak core (otaknya), maka semakin baik kemampuannya. Contoh: Intel Core i5 lebih baik daripad Intel Core i3.

b. RAM:

  • Semakin besar kapasitas memorinya, maka semakin baik kemampuannya.
  • Makin tinggi tingkat DDR (DDR1, DDR2, DDR3), makin baik.

c. Hard drive:

  • Semakin besar kapasitasnya, maka semakin baik, semakin banyak data yang dapat Anda simpan nantinya.

d. Video Card, aturannya:

  • Makin tinggi memori, makin baik.
  • Makin tinggi tingkat DDR (DDR1, DDR2, DDR3), makin baik.
  • Tanyakan versi pixel shader yang dimiliki video card tersebut. Makin tinggi versinya, makin baik.

3. Tanyakan Informasi Perangkat Lainnya

Tanyakan segalanya tentang perangkat lain yang termasuk paket penjualannya. Monitor, mouse, keyboard, port/ konektivitas/ colokan (usb, bluetooth, memory card, vga, LAN, audio, dll). Pikirkan fasilitas mana yang benar-benar Anda butuhkan.

4. Tanyakan software bawaan komputer tersebut

Bekali diri Anda dengan informasi software-software terbaru. Jangan sampai Anda membeli komputer dengan software lama dan tidak compatible (tidak cocok) dengan software baru. Jika sampai terjadi Anda akan sangat menyesal karena komputer Anda tidak bisa menggunakan software-software baru. Ingatlah bahwa perkembangan software saat ini sangat cepat. Hampir tiap tahun pengembang software mengeluarkan software versi baru.

5. Bekali diri dengan review dan pastikan ada garansi

Bacalah atau mintalah pendapat orang tentang merek komputer yang hendak Anda beli. Banyak review baik atau buruk? Anda tidak mau bukan membeli komputer yang dicap buruk oleh banyak orang?
Pastikan ada garansi. Ini sangat penting. Jika sewaktu-waktu komputer ada masalah, Anda akan mendapat penggantian.

Demikianlah tips sederhana untuk membeli komputer. Saya harap dengan tips-tips ini Anda mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang komputer apa yang harus Anda beli.

iklan post 2

Tidak ada komentar