Tips Menghindari Penuaan Pada Wajah

Tips Menghindari Penuaan Pada Wajah

Seputartips.com - Penuaan adalah merupakan salah satu kasus yang tergolong menakutkan, apalagi jika hal ini menimpa wajah Anda yang sebenarnya masih berusia masih muda. Hal tersebut bukanlah merupakan hal yang aneh untuk dibicarakan, karena hal tersebut nampak jelas pada lingkungan sekitar kita, bahkan mungkin saja hal ini menimpa diri kita sendiri.

Banyak upaya yang dilakukan oleh banyak orang untuk menghindari masalah penuaan dini, tanpa terkecuali pria. Bahkan di sekitar lingkungan tempat tinggal kita, kadang ada beberapa pria yang jauh lebih perhatian untuk masalah ini dibandingkan wanita. Kelihatannya agak genit mungkin, tetapi sebenarnya soal menjaga penampilan itu bukan hal yang salah. Rasanya sah-sah saja jika melihat pria yang kulit wajahnya mulus terawat, selama tidak berlebihan seperti wanita.

Melihat sisi pria yang tidak kalah konsumtif dengan wanita, mulai banyak juga tempat-tempat sejenis salon perawatan wajah yang dikhususkan untuk pria. Namun, sebisa mungkin hindarilah obat-obatan atau krim-krim yang mengandung zat-zat kimia. Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghindari penuaan dini pada wajah anda, tanpa harus menggunakan obat-obatan atau krim-krim yang mengandung zat-zat kimia diantaranya adalah :

Istirahat yang cukup
Persoalan ini bermula dari sebuah masalah yang kecil-kecil. Misalnya, porsi atau waktu yang digunakan untuk istirahat ( tidur ) yang cukup. Tidur yang cukup akan membuat wajah kita kelihatan segar dan bercahaya. Dengan pola tidur yang baik dan teratur, Anda tidak perlu khawatir akan mengalami penuaan di wajah Anda. Anda bisa memperhatikan pada saat istirahat ( tidur ) anda kurang, besar kemungkinan anda akan terlihat lesu dan ditambah lagi dengan kantung mata yang menghitam. Jika waktu istirahat tidur anda setiap harinya selalu kurang, maka akan berdampak buruk pada kesehatan anda. Bersamaan dengan itu, wajah anda akan terlihat mengalami penuaan.

Hindari minum minuman yang beralkohol
Kebiasaan meminum minuman beralkohol, juga berdampak buruk bagi kulit kita terutama pada kulit wajah. Sebagian besar orang yang mempunyai kebiasaan meminum minuman yang beralkohol memiliki kulit wajah yang kasar, pucat, dan bahkan juga berjerawat. Minuman beralkohol tidak hanya berpengaruh buruk kepada kulit, tetapi alkohol juga berdampak buruk kepada kesehatan organ tubuh kita yang lain. Misalnya kesehatan organ pencernaan seperti lambung. Dampak buruk lainnya adalah bisa merusak fungsi hati. Ujung-ujungnya, akan membuat anda sakit. Sudah pasti jika kondisi kita sakit sakitan, juga akan membuat kita kelihatan lebih tua.

Hindari masalah yang bisa membuat stress
Memiliki banyak masalah yang rumit bisa membuat seseorang menjadi stres atau depresi. Tekanan jiwa yang satu ini juga memiliki banyak pengaruh, diantaranya bisa membuat wajah kita tampak tua dan kusam. Bekerja dengan waktu yang berlebihan juga akan memicu hal yang sama seperti diatas. Apalagi jika pekerjaan kita cukup memeras otak dan tenaga. Anda bisa saja terlihat 10 hingga 20 tahun lebih tua dari umur Anda sebenarnya.

Banyak konsumsi ikan dan sayur
Makanan memang kerap dianggap sepele dan tidak memiliki hubungan dengan penuaan wajah Anda. Tapi jangan salah, jenis makanan serta pola makan juga harus Anda perhatikan untuk mendapatkan penampilan yang sempurna. Selalu memakan ikan dan sayur bisa menjadi senjata utama untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan menghindari kerutan di wajah. Omega-3 yang dimiliki daging ikan juga bekerja untuk memperbaiki sel-sel mati yang ada di tubuh dan darah kita.

Hindari atau jangan merokok
Faktor utama penuaan dini pada wajah kita disebabkan oleh salah satu sahabat karib pria, yaitu rokok. Seperti yang kita ketahui, rokok mengandung beberapa zat racun yang sangat membahayakan kesehatan paru-paru dan jantung kita. Dan ternyata bukan itu saja, racun yang terkandung dalam rokok juga mengaktifkan enzim-enzim yang mengganggu elastisitas kulit kita. Dengan kata lain, kulit kita akan mudah keriput dan tidak kencang.

Ikutilah Tips di atas untuk menghindari wajah yang tidak segar atau wajah yang tampak tua sebelum waktunya ( Penuaan dini ). Semoga bermanfaat.