Trik Cara Menghapus dan Menambah Partisi Hardisk Tanpa Bantuan Software

Trik Cara Menghapus dan Menambah Partisi Hardisk Tanpa Bantuan Software

Seputartips.com - Sebelum saya bahas tentang Tips cara menghapus dan menambah partisi hardisk tanpa Software, ada baiknya kita pahami dulu apa itu partisi hardisk ? Partisi hardisk adalah pembagian kapasitas yang ada dalam sebuah hardisk. Nah hardisk adalah sebuah media penyimpanan tetap yang ada dalam sebuah komputer, contoh umumnya adala memory card, flash disk. Adapun yang kita bahas adalah media penyimpanan yang ada dalam sebuah CPU atau penyimpanan yang ada dalam sebuah laptop, yang bernama hardisk. Pada dasanya sebuah komputer hanya memiliki satu hardisk, tetapi yang terlihat di dalam windows explorer hardisk terbagi menjadi lebih dari satu. Seperti pada gambar berikut ini.
windows explorer
Gambar windows explorer yang menampilkan partisi hardisk yang terbagi menjadi 3 yaitu drive C, G dan H
 Kegunaan dengan membagi hardisk adalah untuk memisahkan berkas sesuai dengan kategori berkas, sehingga mempermudah pencarian berkas yang di simpan.
Adapun cara menghapus ataupun menambah partisi hardisk bisa menggunakan software yang bernama partision magic atau tanpa menggunakan software dengan cara sebagai berikut :
  1. Buka control panel.
  2. Di dalam control panel buka administratif tool.
  3. Di dalam administratif tool pilih Computer management.
  4. Di dalam  Computer management, pilih Disk Management yang ada dalam storage. seperti pada gambar berikut ini :
    Computer management
5. Kemudian pilih drive yang mau di hapus atau yang mau di partisi. seperti pada gambar berikut ini :
cara membagi atau menghapus partisi

Kemudian klik kanan pada partisi yang di inginkan, seperti pada gambar di atas. Karena di sini hanya membahas menghapus atau menambah partisi maka yang kita pilih adalah salah satu dari 3 opsi yang ada pada gambar, yaitu :
A. Shrink Volume, opsi ini untuk memotong partisi yang di pilih, apabila di klik maka anda akan di minta untuk memasukkan jumlah kapasitas memory yang mau di bagi atau di potong. seperti pada gambar di bawah ini.
membagi kapasitas memory

B. Format, Opsi ini untuk memformat atau menghapus total semua yang ada dalam drive atau partisi yang dipilih.
C. Delete Volume, Opsi ini untuk menghapus partisi, sehingga bukan hanya isinya tetapi drivenya juga akan di hapus.

Jika anda berkeinginan untuk mengurangi partisi maka pilih opsi delete volume. Tetapi jika ingin menambah jumlah partisi maka pilih opsi Shrink Volume.
Silahkan di praktekkan jangan kawatir akan rusak, karena cara ini aman dari kerusakkan. Jadi jika terjadi kesalahan pilihan maka tidak akan merusak system anda. Untuk di ketahui partisi atau drive C yang berisikan system tidak bisa untuk di format atau pun di delete. Hanya bisa di bagi, sehingga system komputer anda tetap aman.
Semoga Bermanfaat.