ADA 10 TIPS MEMBUAT ANAK MAU MAKAN SAYURAN

ADA 10 TIPS MEMBUAT ANAK MAU MAKAN SAYURAN

Seputartips.com - Anak Anda susah makan sayur? Jika iya, mungkin Anda adalah salah satu dari sebagian besar para ibu yang mengalami masalah tersebut. Membuat anak-anak mau makan sayuran memang hal yang cukup sulit dan berat.
Namun, bukan berarti Anda harus menyerah. Jika Anda punya cara yang kreatif dan unik, buah hati Anda akan mau makan sayuran dengan senang hati tanpa ada paksaan sedikit pun. Mau tahu bagaimana caranya? Berikut 10 tips-trik untuk membuat anak mau makan sayuran yang dikutip dari Mag for Women.

1. Jadilah kreatif.

Untuk membuat buah hati Anda mau makan sayuran, Anda harus kreatif dalam mengatur menu makanan mereka. Caranya, buatlah menu mereka menyerupai tokoh kartun kesukaan mereka, burung Angry Birds misalnya. Dengan begitu, perhatian anak Anda akan tertuju pada makanan tersebut. Ceritakan pula mengapa tokoh kesukaannya tersebut bisa ada di menu makanannya agar lebih dramatis.

2. Mintalah mereka meminum sayuran.

Seringkali anak-anak menghindari sayuran karena mereka beralasan jika mengunyah sayuran itu membosankan. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah mintalah mereka memakan sayur dengan cara yang berbeda.

Caranya mudah, tuangkan sup sayuran ke dalam gelas minum yang mewah. Biarkan mereka meminumnya seperti biasa mereka lakukan. Meskipun mereka tidak akan mendapatkan banyak serat yang mereka butuhkan dari minum sayuran, tapi itu lebih baik kan daripada tidak sama sekali?

3. Berikan sayuran sebagai makanan pembuka.

Ketika Anda menyiapkan makan malam, taruhlah beberapa wortel, mentimun dan seledri di piring mereka. Mintalah mereka untuk memakannya. Pada saat anak merasa sangat lapar, mereka tidak akan mempedulikan apa yang mereka makan. Jadi, manfaatkan momen tersebut.

4. Beri mereka pilihan.
Masukan wortel, brokoli, tomat dan sayuran lainnya dalam gaya prasmanan dan biarkan mereka memilih apa yang mereka sukai. Anak-anak suka memilih dan membuat keputusan seperti orang dewasa. Ketika Anda membiarkan mereka untuk membuat pilihan, mereka akan senang untuk memakannya.

5. Biarkan mereka membuat karya seni.
Anak-anak suka bermain dengan warna. Jadi tawarkan mereka sayuran dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna. Kemudian beritahu mereka untuk membuat karya seni dari sayuran di piring mereka. Dengan cara ini, mereka akan memakan sayuran karya mereka sendiri.

6. Libatkan mereka saat memasak.
Libatkan mereka di dapur saat Anda memasak. Mintalah mereka mencuci sayuran, mengaduk atau apapun yang mereka bisa lakukan. Mereka akan bersemangat untuk mencoba semua masakan yang mereka masak.

7. Menyembunyikan sayuran dalam makanan lain.
Jika semua ide di atas gagal, tumbuk sayuran dan tambahkan ke makanan lain. Anak Anda tidak akan menyadari jika mereka telah memakan sayuran.

8. Tambahkan saus pada salad.
Terkadang Anda perlu menambahkan saus kesukaan anak Anda pada salad yang Anda buat. Minta mereka berkreasi dengan saus pada sayuran mereka.

9. Dorong mereka untuk bercocok tanam sayuran.

Cara ini tidak hanya akan mengajarkan mereka berkebun dan merawat lingkungan, tetapi mereka juga akan senang memakan apa yang telah mereka tanam.

10. Didiklah mereka tentang manfaat sayuran.
Katakan kepada mereka alasan mengapa sayuran baik untuk kesehatan. Jika perlu buatlah diagram tubuh agar presentasi Anda terlihat menarik. Setelah itu, mintalah jenis sayuran tertentu untuk ditempel pada bagian tubuh yang membutuhkan sayuran tersebut. Sebagai contoh, setelah makan wortel, mintalah mereka menempelkan stiker pada mata.