Tips Cara Cegah Kebotakan pada Pria

Tips Cara Cegah Kebotakan pada Pria
iklan disini
iklan post 1


Seputartips.com - Rambut identik dengan kerontokan. Dan kerontokan sendiri merupakan awal dari kebotakan. Masalah kebotakan merupakan mimpi yang buruk bagi pria. Menjelang usia tua, banyak pria yang mulai kehilangan helai-helai rambutnya. Bahkan ada yang sulit untuk tumbuh kembali. Tetapi banyak juga pria yang mengalami kebotakan dalam usia yang masih muda atau yang biasa disebut dengan kebotakan dini.


Adapun faktor yang menyebabkan kebotakan terdiri dari dua faktor yaitu faktor pribadi dan juga faktor keturunan. Apabila orang tua Anda mengalami kerontokan rambut yang berujung pada kebotakan, besar kemungkinan Anda juga akan mewarisi hal yang terjadi pada orang tua Anda. Dari faktor pribadi, mungkin Anda sering bergonta-ganti warna rambut, atau anda mungkin menggunakan alat catok yang panasnya bisa mengganggu perkembangan akar rambut yang menyebabkan Anda mengalami kerontokan yang cukup hebat dan menuju kepada kebotakan.

Beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda untuk mengurangi kerontokan rambut, terutama bagi Anda yang masih berada di usia muda adalah sebagai berikut :

Pastikan Anda tidak mengalami kekurangan zat besi
Salah satu kandungan dalam makanan yang harus kita perhatikan adalah zat besi. Kekurangan zat besi akan membuat badan terasa lemas dan juga bisa membuat kita jadi sakit kepala. Kekurangan zat besi juga bisa menjadi faktor penyebab kerontokan rambut karena ketika tubuh kita kekurangan zat besi, kandungan feritin dalam tubuh kita juga akan ikut mengalami penurunan.
Untuk memastikan Anda tidak kekurangan zat besi, biasakan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan, ikan, daging, dan juga sayur-sayuran secara teratur.

Senantiasa ciptakan suasana yang santai
Pria identik dengan sosok yang penuh emosi dan pemikir. Oleh karena itu hindari yang namanya stress, karena stress juga merupakan penyebab utama kebotakan pria pada umumnya. Pada saat Anda berpikir keras dan berujung pada stress, hormon pria akan keluar secara berlebihan. Hormon yang mengandung testosteron dan dihidrotestosteron dapat berdampak buruk untuk rambut Anda.

Ketika hormon tersebut masuk dan meresap kedalam batang rambut Anda, itu akan mengakibatkan kualitas rambut menjadi turun karena hormon tersebut menyebabkan helai-helai rambut Anda menjadi tidak tebal. Rambut jadi mudah rontok. Biasakan membuat suasana yang santai dan hindari terlalu banyak pikiran yang bisa membuat anda stress.

Jangan menyisir terlalu keras
Mengatur rambut dengan sisir ataupun dengan tangan kita lakukan demi untuk menjaga kerapihan rambut kita. Tetapi ternyata menyisir bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kerontokan pada rambut.

Menyisir atau menggaruk kepala Anda dengan gerakan yang kencang dapat menyebabkan akar rambut Anda ikut tertarik bersama sisir atau tangan Anda. Akibatnya akan menyebabkan kerusakan pada folikel rambut Anda. Rambut yang tercabut dari akar akan sulit untuk tumbuh kembali. Apalagi jika folikel rambut anda sudah rusak, itu akan semakin mempersulit pertumbuhannya.

Hindari pewarnaan rambut
Memang poin yang satu ini cukup jarang dilakukan oleh pria, tetapi sebagian pria juga masih menyukai poin ini. Mewarnai rambut dengan warna coklat atau mungkin menghitamkan rambut untuk menutupi rambut yang kemerahan karena sengatan matahari memang merupakan sebuah solusi, tetapi hal tersebut merupakan solusi yang memiliki dampak buruk.

Cat atau pewarna rambut pastinya mengandung bahan kimia dengan dosis yang cukup tinggi. Kandungan tersebut diisi oleh bahan kimia para-phenylenediamine yang bisa menyebabkan alergi kronis dan dermatitis pada kulit kepala, akibatnya rambut bisa mengalami kerontokan.

Berhenti merokok
Beberapa studi dan penelitian menjelaskan bahwa rokok bisa menjadi penyebab rambut rontok yang berujung pada kebotakan. Hal itu disebabkan dari kebiasaan merokok yang bisa merusak pembuluh darah dan menyebabkan suplai darah ke folikel rambut berkurang.

Selain merusak kesehatan paru-paru, jantung, serta organ tubuh lainnya, rokok ternyata juga dapat menyebabkan kerontokan dan kebotakan oleh para pria, terutama pria yang masih relatif muda. Berhenti merokok bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghindari kerontokan pada rambut Anda.

Kebotakan pria sendiri bisa dimulai sejak umur 20an atau 30an. Itu berarti tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk mengalami hal ini dalam usia yang relatif muda. Berbagai obat beredar dipasaran yang kegunaaannya untuk meredakan kerontokan rambut. Bahkan ada juga yang berfungsi untuk menumbuhkan kembali rambut Anda. Tetapi jika Anda tidak percaya dengan bahan-bahan kimia, Anda juga bisa menggunakan cara-cara tradisional yang diwariskan oleh nenek moyang kita secara turun temurun. Selama bisa menggunakan cara yang alami, sebaiknya hindarilah pemakaian bahan-bahan kimia yang sebenarnya memang kurang baik untuk tubuh kita.
Semoga Bermanfaat.
iklan post 2

Tidak ada komentar