5 Tips Mengatasi Gangguan saat Menstruasi

5 Tips Mengatasi Gangguan saat Menstruasi

Seputartips.com - Saat menstruasi, setiap wanita mengalami gangguan atau masalah yang berbeda-beda pada dirinya. Sebagian wanita ada yang cenderung mudah emosi, sensitif dan juga rewel. Tak hanya itu, biasanya sebagian wanita juga mengalami masalah pada daerah kewanitaan mereka saat mengalami siklus menstruasi .
  
1. Diet sehat
Selama siklus menstruasi, wanita harus mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan untuk meningkatkan asupan air sekaligus cairan pada tubuh. Hindari makan makanan pedas dan berminyak, karena hal ini justru akan memperburuk gangguan yang dialami saat siklus menstruasi.

2. Hindari merasa kembung
Dianjurkan untuk berolahraga secara teratur, terutama di pagi hari dan pastikan memiliki jam tidur yang cukup yaitu delapan jam dalam sehari. Hal ini dilakukan untuk menghindari kembung dan melawan sebagian besar masalah yang disebabkan siklus menstruasi.

3. Jaga kebersihan
Lakukan kebiasaan rajin mengganti pembalut setiap empat sampai enam jam dalam sehari dan rajin menucuci tangan. Selain itu, jika Anda merasakan gatal atau bau pada organ kewanitaan Anda, maka segeralah berkonsultasi ke dokter.

4. Cuci dan tetap kering 
Kebiasaan mencuci Miss V secara higienis sangat membantu menghilangkan bau dan risiko infeksi pada kewanitaan Anda. Namun, perhatikan daerah kewanitaan Anda untuk selalu bersih dan kering.

5. Gunakan pakaian yang nyaman
Gunakan pakaian yang membuat Anda merasa nyaman. Hindari menggunakan denim ketat dan atasan yang menyebabkan Anda merasa tidak nyaman. Selain itu, lakukan terapi warna pada pakaian untuk menjaga mood Anda.